ABSTRAK
MEMBACA SQ3R
Mafiah Josi Puspitasari(A310120101),Aprilian Dwi
Mustofa(A310120102),Anggi Yuliastuti(A310120103),Rismiwati(310120104),Jurusan
Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Pendidikan dan Ilmu
Keguruan, Universitas Muhamadiyah Surakarta,2012.7 halaman
Tujuan dari makalah membaca SQ3R
adalah untuk membantu siswa untuk mengambil sikap buku yang akan siswa baca
tersebut sesuai keperluan atau tidak. Metode ini bertujuan untuk membekali
siswa dengan suatu pendekatan sistematis terhadap jenis-jenis bacaan. Tujuan
tersebut mencerminkan bekal untuk keperluan peningkatan cara belajar yang
sistematis, efisien, dan efektif. Membaca
SQ3R diartikan sebagai suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan
membaca secara intensif dan rasional. Kegiatan membaca menggunakan metode SQ3R
mencakup 5 langkah sebagai berikut: 1) Survey (penelaahan pendahuluan), 2) Question (Bertanya), 3) Read (Membaca), 4) Recite ( Menguraikan
kembali), 5) Review (Mengulangi Kembali). Membaca SQ3R mempunyai manfaat di
antaranya adalah : 1) Dengan mensurvei buku terlebih dahulu, kita dapat
mengenal organisasi tulisan dan memperoleh kesan umum dari buku, 2) dapat
membangkitkan keingintahuan dan membantu untuk membaca dengan tujuan mencari
jawaban penting (relevan), 3) Dapat melaksanakan kegiatan membaca secara lebih
cepat, 4) Dapat membantu memahami secara tepat dan membantu ingatan kita, 5)
Dapat memperoleh penguasaan bulat dan menyeluruh atas bahan yang kita baca. Membaca SQ3R
suatu proses mengolah bacaan
sehingga dapat memaknai suatu bacaan secara mendalam, melalui proses memberikan
reaksi kritis-kreatif terhadap suatu bacaan.
Kata Kunci: survey, question, read, recite, dan review.