Rabu, 03 April 2013

ABSTRAK



ABSTRAK
MEMBACA SQ3R
Mafiah Josi Puspitasari(A310120101),Aprilian Dwi Mustofa(A310120102),Anggi Yuliastuti(A310120103),Rismiwati(310120104),Jurusan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan, Universitas Muhamadiyah Surakarta,2012.7 halaman



Tujuan dari makalah  membaca SQ3R adalah untuk membantu siswa untuk mengambil sikap buku yang akan siswa baca tersebut sesuai keperluan atau tidak. Metode ini bertujuan untuk membekali siswa dengan suatu pendekatan sistematis terhadap jenis-jenis bacaan. Tujuan tersebut mencerminkan bekal untuk keperluan peningkatan cara belajar yang sistematis, efisien, dan efektif. Membaca  SQ3R diartikan sebagai suatu metode membaca yang sangat baik untuk kepentingan membaca secara intensif dan rasional. Kegiatan membaca menggunakan metode SQ3R mencakup 5 langkah sebagai berikut: 1) Survey (penelaahan pendahuluan),  2) Question (Bertanya),  3) Read (Membaca), 4) Recite ( Menguraikan kembali), 5) Review (Mengulangi Kembali). Membaca SQ3R mempunyai manfaat di antaranya adalah : 1) Dengan mensurvei buku terlebih dahulu, kita dapat mengenal organisasi tulisan dan memperoleh kesan umum dari buku, 2) dapat membangkitkan keingintahuan dan membantu untuk membaca dengan tujuan mencari jawaban penting (relevan), 3) Dapat melaksanakan kegiatan membaca secara lebih cepat, 4) Dapat membantu memahami secara tepat dan membantu ingatan kita, 5) Dapat memperoleh penguasaan bulat dan menyeluruh atas bahan yang kita baca.  Membaca SQ3R  suatu  proses mengolah bacaan sehingga dapat memaknai suatu bacaan secara mendalam, melalui proses memberikan reaksi kritis-kreatif terhadap suatu bacaan.

Kata Kunci: survey, question, read, recite, dan  review.